close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Layanan Penyimpanan Cloud Terbaik yang Perlu Anda Ketahui

 




Penyimpanan cloud atau biasa disebut online storage adalah tempat penyimpanan file atau data secara digital dan berbasis awan (cloud). Jenis file yang disimpan pun beragam, yakni berupa dokumen, multimedia, maupun tipe-tipe file lainnya.


Rekomendasi Layanan Penyimpanan Cloud


Meski ada beberapa penyimpanan online yang mampu menyimpan hampir semua jenis data, nyatanya tidak semua cloud storage mampu melakukan hal yang sama. Berikut adalah macam-macam media penyimpanan semua tipe data yang dapat Anda gunakan:


  1. Google Drive


Tampaknya, hampir semua orang sudah memiliki penyimpanan jenis ini. Google Drive menyediakan ruang penyimpanan untuk berbagai tipe file sebesar 15 GB secara gratis. Ukuran tersebut sudah termasuk layanan penyimpanan dalam Gmail dan Google Photos. 


Setiap Anda mengirimkan file melalui Gmail, maka data tersebut akan otomatis tersimpan dalam Google Drive. Begitu pula dengan Google Photos, setiap foto yang Anda simpan ke dalamnya juga tersimpan pada drive Google yang sama.


  1. OneDrive


Jika Google punya Gdrive, maka OneDrive adalah milik Microsoft. Microsoft adalah akun yang paling banyak dibuat kedua setelah akun Google. Sebelumnya, nama cloud storage milik Microsoft ini sempat dikenal sebagai SkyDrive. 


Setelah Anda memiliki akun Microsoft, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan layanan OneDrive gratis sebesar 5 GB. Meski tak sebesar Gdrive, ukuran tersebut sudah terbilang besar untuk menyimpan banyak jenis data daripada harus membawa perangkat penyimpanan fisik.


  1. DropBox


Layanan penyimpanan awan asal Amerika ini merupakan milik perusahaan Dropbox.Inc. Ukuran ruang penyimpanan gratis dalam DropBox adalah sebesar 2 GB. Tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan G-Drive dan OneDrive.


Meski demikian, DropBox memungkinkan Anda untuk dapat mengakses Microsoft Office Online secara gratis.


  1. MEGA


Jika Anda sering mengunduh film atau serial melalui internet, istilah MEGA mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda. MEGA merupakan cloud storage terkenal untuk menyimpan berbagai jenis file, seperti video, audio, foto dan dokumen lainnya.


Sebelumnya, MEGA adalah sebuah situs megaupload.com dari perusahaan Mega Limited. Kini, nama MEGA juga dipakai sebagai identitas lokasi penyimpanan cloud dengan kapasitas super besar, yakni 50 GB yang dapat Anda gunakan secara gratis.


  1. Bitcasa


Apakah Anda sedang mencari tempat penyimpanan besar tanpa khawatir tentang keamanan datanya? Bitcasa bisa jadi solusi atas pertanyaan ini. Penyimpanan awan gratis buatan Amerika ini sangat mengutamakan keamanan data penggunanya.


Bitcasa dapat diakses di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Mac, Android, hingga Linux. Kapasitas yang disediakan untuk setiap pengguna pun sangat besar, yakni 25 GB. Sebelum data tersimpan, diperlukan proses enkripsi terlebih dahulu untuk menjaga data tetap aman.


  1. Yandex Disk


Yandex merupakan salah satu search engine milik Rusia bersama dengan layanan surelnya Yandex email. Selain sebagai mesin pencari, Yandex juga memiliki layanan penyimpanan awan bernama Yandex Disk. 


Jumlah ruang penyimpanan yang ditawarkan sangatlah besar, yakni mencapai 10 GB yang dapat Anda gunakan secara gratis setelah membuat akun Yandex. Pemilik akun Yandex juga mendapatkan manfaat lain, seperti akses Microsoft Office Online tanpa install dan gratis.


Menyimpan data dalam online storage memungkinkan Anda untuk dapat mengakses file dimana pun dan kapan pun tanpa perlu membawa flashdisk, harddisk, maupun laptop. Yang terpenting, penyimpanan dapat dilakukan secara gratis. Anda juga bisa berlangganan versi premium.


Manfaat lain dalam penyimpanan berbasis awan adalah untuk mencegah kehilangan data akibat kerusakan atau pencurian perangkat sekaligus sebagai lokasi pencadangan data dengan aman. Untuk macam-macam media nya, Anda dapat menggunakan sesuai penjelasan di atas, ya!


Posting Komentar untuk "6 Layanan Penyimpanan Cloud Terbaik yang Perlu Anda Ketahui"