close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ekstensi Chrome Penting yang Berguna bagi Anda



 Ekstensi dalam web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan Opera sangat berguna untuk mendukung dan menambah fungsi dari laman pencarian masing-masing. Di Chrome sendiri, ada banyak add-ons yang dapat memberikan layanan secara spesifik.


Rekomendasi Ekstensi Chrome


Terdapat sekitar 100 ribu ekstensi yang dapat Anda unduh sesuai keperluan dalam berselancar di web pencarian. Dari begitu banyaknya add-ons yang Chrome miliki, berikut beberapa rekomendasi ekstensi yang dapat Anda pasang untuk mempermudah manajemen aktifitas browsing Anda:


  1. Lastpass Password Manager


Ekstensi ini dibangun untuk membantu pengguna menyimpan seluruh password akun yang diinginkan dengan aman. Lastpass dapat mengakses akun yang ter-log out kapan saja tanpa perlu lagi klik ‘Forgot your password?’  jika Anda memang lupa kata sandi.


Lastpass memberikan layanan tersebut secara gratis kepada setiap pengguna. Selain itu, ekstensi ini juga menyediakan versi premium dengan tambahan fitur khusus lainnya.


  1. Evernote Web Clipper


Pernahkah Anda menemukan suatu situs penting selama melakukan browsing?  Apakah Anda sedang ingin menyimpan referensi artikel online dari suatu platform tertentu? Pasang saja ekstensi Evernote Web Clipper pada Chrome Anda.


Fungsi dari ekstensi ini adalah sebagai clipper atau penyimpan laman-laman web yang pernah Anda buka selama browsing. Pengumpulan referensi dari web dapat dilakukan dengan mudah dalam satu tempat tanpa perlu salin tempel link web lagi.


  1. Ghostery


Ekstensi Chrome ini berguna untuk mendeteksi tracker dan menghalau munculnya iklan saat membuka situs web. Bagusnya lagi, pengguna dapat melihat daftar tracker maupun iklan yang ada pada situs yang sedang dibuka.


Ghostery sangat membantu memblokir pop-ups iklan yang memenuhi halaman utama dan dapat melindungi privasi pengguna dari tracker-tracker tersembunyi. Anda dapat menggunakan ekstensi ini secara gratis tanpa perlu melakukan berbagai bentuk registrasi lain.


  1. Google Keep


Google Keep merupakan layanan dari Google yang mampu menyimpan catatan, checklist, atau suatu informasi dengan sistem cloud secara gratis. Selain itu, ekstensi ini juga berperan sebagai reminder atau pengingat bagi Anda agar tidak melewatkan hal penting lainnya. 


  1. WhatFont


Seringkah Anda penasaran dengan jenis font pada suatu website? Ekstensi ini mampu menjawab rasa penasaran Anda dengan fitur identifikasi font nya. Melalui WhatFont, Anda dapat langsung mengetahui nama font  yang digunakan untuk referensi keperluan lain Anda.


  1. Grammarly


Apakah Anda sedang membuat tulisan berbahasa Inggris? Jika iya, sepertinya Anda butuh ekstensi Chrome yang satu ini. Grammarly merupakan fitur yang dapat menginformasikan bentuk kesalahan grammar pada tulisan Anda.


Grammarly juga menyediakan versi premium dengan fitur yang jauh lebih lengkap untuk memoles tulisan berbahasa Inggris secara komprehensif.


  1. Buffer


Salah satu ekstensi dalam Chrome ini berfungsi untuk men-share tautan situs ke dalam akun sosial media dalam satu tempat tanpa perlu membukanya satu per satu. Tak hanya itu, Buffer juga memiliki keunggulan yang lain seperti mengetahui analitik sebuah post atau feed.


Selain sebagai ekstensi social sharing, Buffer dapat membantu Anda yang sedang menjalani pekerjaan seputar internet marketing melalui informasi jumlah klik, like, share, mention, atau bentuk interaksi lain dari suatu tautan yang penting untuk pengembangan konten Anda.


Ekstensi ini juga dapat melakukan otomatisasi konten sesuai setting waktu yang Anda tetapkan untuk membantu Anda lebih fokus pada pembuatan konten selanjutnya. 



Perlu Anda ketahui jika terlalu banyak memasang ekstensi, maka akan dapat memperlambat kinerja browser Anda. Jadi, pilihlah beberapa ekstensi yang benar-benar Anda butuhkan dan remove ekstensi yang tidak terlalu penting.


Posting Komentar untuk "7 Ekstensi Chrome Penting yang Berguna bagi Anda"