close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Mata Uang Bitcoin serta Harga Bitcoin Indonesia

 


    Saat ini, penggunaan mata uang digital semakin banyak digandrungi. Salah satu jenisnya adalah Bitcoin. Mata uang satu ini juga dapat digunakan sebagai investasi Bitcoin jangka panjang. Bila tertarik, Anda dapat simak artikel mengenai Bitcoin serta berapa harga Bitcoin Indonesia itu sendiri. 


Penggunaan mata uang digital dianggap aman karena kerahasiaan data pribadi lebih terjamin. Meski begitu, jenis mata uang ini tetaplah memiliki kekurangan tersendiri. Kalau begitu, simak penjelasan lengkap mengenai Bitcoin pada artikel di bawah ini:


Penjelasan Bitcoin


Bitcoin merupakan sebuah mata uang digital yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan untuk Anda. Mata uang ini bisa Anda jadikan sebagai investasi masa depan. Bitcoin pertama kali diciptakan pada awal tahun 2009, tepatnya di bulan Januari ketika pasar perumahan jatuh.


Jenis mata uang yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto ini digunakan dan didistribusikan menggunakan perangkat elektronik. Perlu diketahui bahwa identitas asli dari penemu Bitcoin masih belum diketahui khalayak luas hingga saat ini.


Bitcoin sendiri merupakan mata uang yang tidak dikeluarkan oleh pihak bank negara maupun pemerintah. Karena itu, penggunaan Bitcoin ini tidak dikontrol oleh lembaga apapun. Bitcoin juga merupakan salah satu dari jenis cryptocurrency


Cryptocurrency sendiri adalah sebuah mata uang digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara virtual dalam jejaring internet. Penggunaan cryptocurrency sendiri telah terjamin kerahasiaan identitas penggunanya. 


Meski begitu, hal itu tidak menutup kemungkinan resiko yang dapat terjadi dengan penggunaan jenis mata uang digital ini. Apalagi, nilai atau harga Bitcoin Indonesia masih suka berubah-ubah atau belum stabil.


Bitcoin sendiri telah menggunakan sebuah kode rahasia sebagai tempat penyimpanan saldo Bitcoin. Kode tersebut terdiri dari serangkaian angka dan huruf yang telah terhubung dengan enkripsi algoritma yang digunakannya.


Kode ini terbagi menjadi dua, yakni kode atau kunci publik dan kunci pribadi. Kunci publik nantinya akan berperan seperti nomor rekening dalam sebuah rekening bank. Sedangkan, kunci pribadi akan berperan sebagai pin dalam sebuah ATM.


Karena Bitcoin adalah sebuah mata uang digital, maka tidak ada bentuk fisik dari mata uang ini. Selain itu, ketersediaannya juga lebih terbatas dibandingkan dengan mata uang yang dikeluarkan oleh bank resmi dari suatu negara. 


Istilah-Istilah dalam Bitcoin


Sebelum mengetahui harga Bitcoin Indonesia, ada baiknya Anda mengetahui beberapa istilah yang digunakan dalam penggunaan Bitcoin ini. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui cara kerja dari Bitcoin dan mampu melakukan transaksi dengan lebih mudah. 


Jika Anda tidak mengetahui istilah-istilahnya, maka proses transaksi dapat terhambat atau terkendala. Berikut istilah-istilah yang penting untuk Anda ketahui mengenai penggunaan Bitcoin sebagai alat transaksi online:


  1. Kunci Pribadi


Seperti yang telah disinggung di atas, kunci pribadi merupakan deretan angka dan huruf rahasia yang harus dimiliki oleh setiap pengguna Bitcoin. Bila digambarkan dalam penggunaan sebuah ATM, kunci pribadi ini merupakan sebuah pin ATM.


  1. Kunci Publik


Bila terdapat pin, maka akan ada sebuah nomor rekening untuk melakukan transaksi kepada sesama pengguna Bitcoin. Nah, kunci publik ini merupakan deretan nomor angka dan huruf yang berperan sebagai nomor rekening dalam penggunaan Bitcoin.


  1. Blockchain


Blockchain merupakan suatu sistem penyimpanan data dalam teknologi digital, begitupun dengan Bitcoin. Blockchain ini berfungsi sebagai buku besar yang akan melakukan pencatatan permanen terhadap setiap transaksi yang dilakukan. 


  1. Penambang Bitcoin


Penambang Bitcoin merupakan istilah pengguna atau anggota dari peer-to-peer yang melakukan konfirmasi transaksi secara mandiri menggunakan komputer dengan kecepatan tinggi. Penambang ini akan dibayar oleh Bitcoin atas usahanya.


Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin


Pada umumnya, setiap alat atau media transaksi pastilah memiliki kelebihan serta kekurangan, begitu juga dengan mata uang digital Bitcoin ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari mata uang Bitcoin yang disajikan untuk Anda:


  1. Kelebihan 


Bitcoin dianggap memiliki banyak kelebihan, apalagi bila Anda menggunakannya untuk masa depan atau dalam jangka waktu panjang. Beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan mata uang Bitcoin antara lain:


  1. Informasi dan data pribadi pengguna dijamin kerahasiaannya

  2. Transaksi yang dilakukan secara pribadi dijamin aman

  3. Mudah digunakan serta dapat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja

  4. Banyak pihak percaya bahwa Bitcoin memiliki potensi besar dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, cukup banyak pihak menggunakan Bitcoin sebagai sebuah investasi jangka panjang

  5. Dapat membatasi atau menghindari penggunaan transaksi melalui bank negara atau melalui saluran pemerintah


  1. Kekurangan


Setelah melihat kelebihan-kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan melakukan transaksi menggunakan Bitcoin, Anda juga harus mengetahui kekurangan dari transaksi Bitcoin ini. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mata uang digital Bitcoin:


  1. Potensi peretasan akun dan dompet Bitcoin yang cukup besar

  2. Harga Bitcoin Indonesia atau nilai mata uangnya masih belum stabil dan masih naik-turun tidak menentu

  3. Penggunaan Bitcoin tidak dilindungi oleh Securities Investor Protection Corporation (SIPC)

  4. Untuk saat ini, penggunaan transaksi dengan Bitcoin masih sangat terbatas


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Bitcoin yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tetap ingin menggunakannya, sebaiknya pertimbangkan dengan baik dan sesuaikan dengan tujuan Anda. 


Informasi Harga Bitcoin Indonesia


Bila Anda ingin mencoba menggunakan mata uang digital ini setelah mengetahui apa itu Bitcoin, serta kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya, Anda juga perlu mengetahui perhitungan Bitcoin.

 

Harga 1 Bitcoin pada pertengahan April 2021 ini bernilai sebesar IDR 870.959.000. Cara mendapatkan Bitcoin ini sendiri cukup beragam. Salah satunya adalah dengan membelinya langsung melalui broker Bitcoin yang terpercaya.


Anda juga bisa mendapatkan Bitcoin melalui layanan Exchange yang dilakukan secara online. Selain itu, Anda juga dapat membelinya di Indomaret. Bagaimana cara beli Bitcoin di Indomaret?


  1. Buka situs Bitcoin.co.id

  2. Setelah membuka akun resmi Bitcoin, Anda dapat langsung membuat akun pribadi

  3. Bila Anda sudah memiliki akun Bitcoin, Anda dapat memilih pilihan “top up rupiah via Indomaret”

  4. Setelah memilih opsi tersebut, Anda dapat mengikuti instruksi lanjutan yang ada

  5. Bila sudah, Anda dapat membayarkan tagihan tersebut di gerai Indomaret terdekat


Akses pembelian Bitcoin melalui Indomaret semakin mempermudah masyarakat Indonesia dalam membeli dan menggunakan transaksi Bitcoin.


Bitcoin sendiri telah masuk ke Indonesia dan cukup populer di kalangan masyarakat sejak akhir tahun 2013, tepatnya pada bulan November. Transaksi terbesar Bitcoin di Indonesia telah mencapai 35 juta hingga 50 juta rupiah dalam satu hari. Nilai ini setara dengan 5 Bitcoin dalam mata uang digital Bitcoin.


Itulah penjelasan mengenai mata uang digital Bitcoin serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Seperti yang telah diuraikan di atas, harga dan nilai dari Bitcoin ini masih tidak stabil atau berpotensi berubah-ubah.


Bila Anda akhirnya memutuskan untuk menggunakan Bitcoin, Anda perlu mengecek nilai dari Bitcoin ini sesering mungkin agar mengetahui perkembangan atau naik-turunnya nilai Bitcoin. Apalagi, harga Bitcoin Indonesia terbilang cukup mahal jika dijadikan dalam bentuk rupiah.


Posting Komentar untuk "Kenali Mata Uang Bitcoin serta Harga Bitcoin Indonesia"