close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Malas Gosok Gigi? 5 Penyakit Ini Mengintai Anda!

 




Salah satu organ manusia yang sering digunakan adalah mulut, entah untuk makan maupun berbicara. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihannya agar terhindar dari berbagai penyakit mulut dan gigi.


Penyakit mulut dan gigi dapat menyerang siapapun, tanpa melihat jenis kelamin atau usia. Bila tidak segera ditangani, bibit penyakit dapat semakin berkembang hingga berakibat fatal, loh! Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda dapat menyimak artikel ini.


Penyebab Penyakit Mulut dan Gigi


Anda pasti pernah mendengar pepatah, "Lebih baik mencegah daripada mengobati." Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui penyebab penyakit mulut dan gigi agar resiko dapat dicegah semaksimal mungkin.


Perhatikan daftar penyebabnya dibawah ini:


  1. Kebersihan mulut dan gigi yang buruk

  2. Kebiasaan mengunyah tembakau atau merokok

  3. Gemar minum alkohol

  4. Diet tinggi glukosa

  5. Mengalami cedera gigi dan mulut

  6. Mulut mengalami dehidrasi (kurang minum air putih)

  7. Faktor genetik atau kondisi bawaan dari lahir


Cara Mencegah Penyakit Mulut dan Gigi


Sebelum terlambat, sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan. Pasalnya, penyakit mulut dan gigi dapat menyebabkan Anda sangat menderita, loh! Meskipun tidak semuanya berbahaya, tapi penyakit mulut dan gigi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman.


Agar Anda tidak sengsara, lebih baik Anda melakukan tindak pencegahan sebagai berikut:


  1. Sikat gigi minimal dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

  2. Menggunakan benang gigi, obat kumur, dan pembersih lidah

  3. Kumur air bersih setelah makan

  4. Melakukan diet rendah gula

  5. Jaga asupan cairan dan konsumsi makanan bernutrisi

  6. Melakukan gaya hidup sehat dengan menghindari rokok dan alkohol


Jenis-jenis Penyakit Mulut dan Gigi


Bila segala upaya pencegahan telah Anda lakukan, Anda dapat meminimalisir resiko terserang penyakit mulut dan gigi. Meskipun begitu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis penyakitnya agar ilmu pengetahuan Anda dapat bertambah.


  1. Karies Gigi


Pertama, ada penyakit karies gigi yang sering disebut juga sebagai gigi berlubang. Jika Anda mengalami penyakit ini, beberapa area pada gigi akan mengalami kerusakan hingga menimbulkan lubang. Bia dibiarkan, lubang tersebut dapat semakin besar dan berpotensi untuk dicabut.


Tidak hanya mengurangi estetika mulut, gigi berlubang juga dapat membuat Anda merasa tidak nyaman saat mengonsumsi makanan. Biasanya, penderita karies gigi mengalami gejala, seperti sakit gigi berdenyut, gusi bengkak, gigi ngilu, hingga bau mulut.


  1. Gigi Sensitif


Selanjutnya, ada penyakit gigi sensitif. Meskipun tidak berbahaya, tapi penyakit ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat penderitanya mengonsumsi makanan yang terlalu dingin atau panas.


Penyakit ini dapat disebabkan karena enamel gigi yang tipis. Biasanya, gigi sensitif datang bersamaan dengan penyakit mulut lainnya.


  1. Sariawan 


Ketiga, ada penyakit yang paling sering diderita masyarakat, yakni sariawan. Sariawan merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada salah satu atau beberapa jaringan mulut, seperti gusi, bibir dalam, dan lidah.


Secara umum, sariawan memiliki bentuk bulat atau oval yang berwarna putih. Sementara itu, daerah di sekelilingnya akan memerah. Meskipun tidak berbahaya, tapi penyakit ini dapat membuat mulut terasa perih.


Pada beberapa kasus yang parah, Anda tidak bisa mengonsumsi makanan atau berbicara. Namun, tenang saja. Jika kondisi Anda tidak parah, sariawan akan sembuh sendiri dalam waktu 1-2 minggu.


  1. Kanker Mulut


Selanjutnya, ada penyakit kanker mulut. Penyakit ini dapat menyerang bagian apa saja yang ada di dalam mulut. Secara umum, penyakit ini disebabkan karena tembakau atau kebiasaan merokok.


  1. Bibir Sumbing


Bibir sumbing adalah penyakit mulut yang diderita seseorang sejak bayi. Penyakit ini membuat bayi memiliki bibir yang miring, sehingga bayi kesulitan makan. Pada beberapa kasus yang parah, bayi bahkan dapat kesulitan bertahan hidup.


Penyakit mulut dan gigi jangan diremehkan, ya! Jika dibiarkan, penyakit dapat menjalar hingga berakibat fatal. Maka, segera obati jika penyakit sudah terlanjur terjadi.


Posting Komentar untuk "Malas Gosok Gigi? 5 Penyakit Ini Mengintai Anda!"