close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

 



Hipertensi atau darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana Anda memiliki tekanan darah lebih dari 130/80 mmHg. Padahal, tekanan darah normal manusia adalah sekitar 120/80 mmHg. Meskipun tidak membahayakan, tapi darah tinggi dapat menimbulkan penyakit lainnya, loh!


Sebelum terlambat, mari kenali faktor-faktor penyebab darah tinggi dan cara mengatasinya. Simak informasinya di artikel ini sampai habis.


Penyebab Darah Tinggi


Bila Anda belum memiliki darah tinggi, sebaiknya Anda melakukan upaya pencegahan. Untuk mencegahnya, tentu saja Anda harus mengetahui faktor-faktor penyebabnya terlebih dahulu.


Berikut beberapa faktor penyebab darah tinggi:


  1. Usia lanjut

  2. Mengalami obesitas yang parah

  3. Faktor genetik atau ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi

  4. Jarang beraktivitas atau berolahraga

  5. Kebiasaan mengonsumsi junk food dan garam berlebih

  6. Stres dan depresi

  7. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok

  8. Bawaan penyakit tertentu, seperti gangguan tiroid, apnea tidur, diabetes, dan penyakit ginjal


Dengan menerapkan pola hidup sehat, menurunkan tekanan darah yang tinggi bukanlah hal yang tidak mungkin. Akan tetapi, jika hipertensi merupakan bawaan dari penyakit tertentu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dan hindari upaya penanganan sendiri.


Cara Mengatasi Darah Tinggi


Sebenarnya, penyakit darah tinggi dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang diberikan dokter. Akan tetapi, beberapa cara dibawah ini dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Berikut daftarnya:


  1. Mengatur Pola Makan


Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang sehat. Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi adalah buah-buahan, biji-bijian utuh, dan sayuran. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi susu rendah lemak sembari mengurangi asupan kolesterol dan lemak jenuh.


Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalium, seperti kentang, pisang, wortel, jeruk, bayam, dan anggur. Agar tekanan darah tinggi Anda dapat teratasi dengan baik, sebaiknya konsumsi kalium sekitar 4500 hingga 4700 mg per hari.


  1. Mengurangi Berat Badan


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hipertensi dapat disebabkan karena obesitas atau kelebihan berat badan. Jika hipertensi yang Anda alami disebabkan karena faktor ini, tentu saja yang harus Anda lakukan adalah menurunkan berat badan.


Menurunkan berat badan memang bukanlah hal yang mudah. Anda dapat memulai dari hal kecil, seperti mengurangi porsi makan, berolahraga selama 10 menit setiap hari, dan banyak beraktivitas. Jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat menghubungi ahli nutrisi untuk membantu program diet sehat Anda.


  1. Membatasi Konsumsi Garam


Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang paling disukai. Kendati demikian, bumbu dapur yang satu ini tidak baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Jumlah sodium yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah pasien hipertensi.


Bila Anda menderita hipertensi, sebaiknya Anda melakukan diet rendah garam. Disarankan, konsumsi garam sebanyak 1500-2000 mg saja per hari. 


  1. Mengurangi Tingkat Stres


Pernahkan Anda mendengar kalimat "Stres adalah sumber dari segala penyakit"? Percaya atau tidak, nyatanya hal ini benar adanya. Untuk mengurangi tekanan darah, Anda juga harus mengurangi tingkat stres.


Kendalikan mood Anda agar tetap berada dalam keadaan baik. Cara mengelola stres yang paling baik adalah dengan berjalan-jalan, mendengarkan musik, menggambar, atau melakukan hobi Anda yang lain.


  1. Rutin Berolahraga


Terakhir, Anda bisa berolahraga secara teratur. Bagi para penderita hipertensi, durasi olahraga yang disarankan adalah selama 30-60 kali. Sementara itu, frekuensi olahraga sekitar 3-5 kali dalam seminggu. 


Jika Anda melakukan olahraga secara rutin, maka tekanan darah Anda akan berkurang sekitar 5-8 mmHg. Beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah jogging, jalan kaki, senam, berenang, dan bersepeda.


Selain lima cara yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi obat-obatan. Untuk memantau kondisi kesehatan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.


Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi "