close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Radang Usus? Konsumsi Makanan Anjuran dan Hindari 7 Hal Ini!

 


Radang usus merupakan kondisi peradangan kronis pada organ usus di dalam saluran pencernaan manusia. Untuk mencegah radang usus kambuh, Anda perlu mengatur diet dengan cara mengonsumsi makanan yang dianjurkan dan menghindari makanan pantangan.


Untuk informasi lebih lanjut terkait makanan anjuran dan pantangan radang usus, mari simak penjelasannya hingga habis!


Makanan yang Dianjurkan


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa makanan yang memang dianjurkan tenaga kesehatan bagi para penderita radang usus. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, gejala radang usus Anda dapat diminimalisir. Berikut daftar makanannya:


  1. Makanan Rendah Serat


Salah satu makanan yang dianjurkan bagi para penderita radang usus adalah makanan rendah serat atau residu. Jenis makanan ini dapat meringankan gejala saat kambuh karena membantu proses pengurangan frekuensi BAB.


Ada banyak sekali makanan rendah serat yang bisa Anda konsumsi. Beberapa diantaranya adalah mie, nasi putih, sereal, roti putih, dan pasta halus. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan rendah serat yang tidak meningkatkan frekuensi BAB.


  1. Buah dan Sayur


Anda pasti sudah tahu bahwa buah dan sayur memang baik untuk kesehatan, termasuk untuk penderita radang usus. Akan tetapi, sebaiknya Anda menghindari sayur-mayur yang mentah, seperti lalapan.


Bagi penderita radang usus, sebaiknya konsumsi sayuran yang sudah tidak ada bagian biji, kulit, dan batangnya. Hal ini juga berlaku jika penderita ingin mengonsumsi buah. Usahakan untuk memilih buah yang mudah dicerna, teksturnya lembut, dan rendah residu.


Daftar buah yang bisa dikonsumsi penderita radang usus adalah pisang, apel, blewah, melon hijau, pepaya, semangka, dan buah kalengan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang sudah diproses menjadi sirup, jus, atau saus.


Sebagai informasi, buah-buahan yang sudah diproses memiliki residu yang lebih rendah daripada buah alami. Sebelum mengonsumsi buah atau sayur, pastikan Anda sudah mencucinya hingga bersih, ya!


  1. Makanan Berprotein


Makanan penderita radang usus yang dianjurkan selanjutnya adalah makanan berprotein. Anda dapat memilih sumber protein dari daging yang teksturnya lembut, seperti ikan salmon, ikan, dan daging unggas. 


Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi daging merah tanpa lemak. Bila Anda bosan hanya makan daging saja, Anda bisa mengonsumsi tahu atau telur, serta kacang-kacangan yang sudah dihaluskan.


Saat mengonsumsi makanan berprotein, Anda juga harus memperhatikan reaksi tubuh, ya! Bila kondisi radang usus justru memburuk, mungkin makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.


  1. Vitamin dan Probiotik


Bila radang usus kambuh, konsumsi kalsium, vitamin D, dan probiotik akan sangat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kebutuhan vitamin atau probiotik dapat dipenuhi dengan mengonsumsi susu bebas lemak, yogurt, susu kedelai, dan susu almond.


Selain mengonsumsi makanan-makanan yang dianjurkan, Anda juga harus memenuhi kebutuhan mineral. Agar pencernaan dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya konsumsi minimal 8 gelas air putih per hari.


Makanan Pantangan


Bila Anda menderita radang usus, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari. Pasalnya, beberapa makanan pantangan ini dapat mengakibatkan radang usus kambuh hingga menimbulkan nyeri yang parah.


Beberapa makanan pantangan radang usus adalah sebagai berikut:


  1. Makanan berlemak yang diolah dengan cara digoreng

  2. Daging atau makanan dengan serat tinggi

  3. Makanan yang pedas

  4. Biji-bijian atau kacang-kacangan utuh

  5. Minuman berkafein, seperti kopi dan teh

  6. Makanan dengan kadar gula tinggi

  7. Minuman beralkohol


Perlu diketahui, makanan pantangan penyakit radang usus tidak hanya itu saja. Pasalnya, masing-masing penderita memiliki tingkat kekambuhan dan gejala yang berbeda. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi juga dapat memberikan dampak yang berbeda.


Bila Anda sudah mengonsumsi makanan yang dianjurkan dan menghindari makanan pantangan, tapi radang usus tak kunjung sembuh, maka sebaiknya Anda periksa ke dokter. Jika dibiarkan, radang usus juga dapat berakibat fatal, loh


Posting Komentar untuk "Radang Usus? Konsumsi Makanan Anjuran dan Hindari 7 Hal Ini!"