close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Pilihan Game Edukasi Online Terbaik Bagi Anak

 



3 Pilihan Game Edukasi Online Terbaik Bagi Anak

Zaman sudah modern, persinggungan dengan dunia teknologi menjadi keniscayaan hidup masa kini, tak terkecuali dalam hal mendidik anak. Game edukasi online menjadi alternatif positif bagi anak untuk mengenal teknologi sekaligus menambah ilmu pengetahuan.

Rekomendasi Game Edukasi Online

Bermain sambil belajar adalah solusi untuk menyenangkan anak dengan cara yang edukatif. Ada banyak jenis permainan yang bisa menjadi alternatif, salah satunya game edukasi. Berikut adalah beberapa rekomendasi game edukatif bagi anak yang bisa Anda coba.

  1. Snoopy Spot the Difference

Snoopy adalah seekor anjing putih nan menggemaskan. Anak akan diajak menebak perbedaan antara dua gambar. Dengan begitu, sensitivitas anak untuk mencermati gambar akan meningkatkan daya telitinya. Permainan sederhana ini bisa menghasilkan respon motorik yang bagus bagi perkembangan otak si kecil.

Tidak hanya itu, anak Anda juga dapat belajar mengenali konsep satuan waktu. Anak belajar bagaimana memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Interpretasinya bisa melalui durasi setengah menit yang diberikan untuk memecahkan teka-teki perbedaan antara dua gambar.

Dalam waktu yang singkat itu, anak harus menggunakan konsentrasinya agar dapat menyelesaikan misi yang ada. Jika melebihi batas waktu, anak akan gagal dan harus mengulang permainan kembali.

Ketika anak sudah mampu menemukan titik mana yang menjadi perbedaan antara kedua gambar, anak akan memperoleh bonus. Bonus ini nantinya dapat berguna ketika mendandani karakter Snoopy maupun kawan-kawannya.

Game ramah anak satu ini bisa Anda unduh gratis di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki ukuran 139 MB dan sudah lebih dari 500 ribu orang mengunduhnya. Selain itu, ratingnya juga cukup baik, yakni 4,6. Anda dapat membaca belasan ribu ulasan dari para penggunanya.

  1. Game Anak Edukasi Hewan Laut

Game Anak Seri Edukasi Hewan Laut merupakan game yang mencakup banyak jenis permainan di dalamnya. Aplikasi ini menjadi alternatif yang bagus untuk mengenalkan anak dengan aneka biota laut.

Anak bisa bermain menyusun dan melengkapi gambar yang rumpang. Bisa juga ikut mewarnai gambar untuk melatih daya kreativitasnya.

Anda juga bisa mengajak anak Anda bermain tebak-tebakan nama hewan laut. Cara ini sangat efektif untuk menjadi langkah awal bagi anak dalam mengenal ekosistem laut. Sebaliknya, anak juga bisa menebak bentuk hewannya.

Misal, hewan paus. Maka anak harus menebak dengan benar mana bentuk hewan paus. Permainan jenis ini melatih anak untuk menata memorinya dengan baik. Jika anak Anda gemar menggambar, Anda bisa menyimpan hasil mewarnai di galeri ponsel.

Aplikasi ini juga terbilang sangat ringan di ponsel karena hanya memakan 11 MB ruang penyimpanan saja. Selain itu, game edukasi anak ini juga sudah jutaan kali di download dan telah mendapat ribuan ulasan dari para penggunanya.

  1. Village and Farm

Game hasil produksi Playday Games ini patut masuk dalam daftar game anak di ponsel Anda. Game berukuran 62 MB ini menjadi salah satu yang terfavorit karena telah mencatat puluhan juta kali download di Play Store.

Village and Farm membantu Anda mengenalkan pada anak seputar peternakan dan pertanian. Anda bisa mengajarkan anak Anda tentang bagaimana mengelola lahan, mulai dari mempelajari kualitas tanah, dana finansial, sampai masa pemanenan.

Anak bisa belajar menanam berbagai jenis sayuran. Tidak hanya itu, hasil sayuran tadi juga bisa menjadi bahan memasak, sehingga mengedukasi anak bahwa peran petani sangatlah penting.

Anak juga belajar bagaimana dan kapan harus memberi makan hewan ternak, kehidupan sosial pedesaan, dan suasana pasar yang riuh.

Itulah tadi beberapa rekomendasi game edukasi online yang bisa Anda mainkan bersama anak. Mengenalkan anak hal baru tidak harus dengan cara-cara kaku. Sambil bermain pun, belajar juga bisa.


Posting Komentar untuk "3 Pilihan Game Edukasi Online Terbaik Bagi Anak"