close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Analisa Bitcoin yang Bisa Dilakukan oleh Para Pemula

 


Bagi Anda yang baru memulai langkah di dunia bitcoin pastinya banyak kesulitan yang dihadapi. Salah satunya adalah bagaimana memahami cara analisa bitcoin agar bisa menguntungkan. Tidak sedikit, para pemula yang selama ini hanya menebak-nebak saja pergerakan bitcoin. 

Padahal cara ini kurang tepat dan efektif atau malah membawa ke kerugian yang lebih besar. Hal tersebut bisa dihindari. Jika Anda memahami cara menganalisa bitcoin. Pengetahuan ini memang tidak bisa langsung dipahami. Namun ada bisa mempelajarinya pelan-pelan. 

Cara Analisa Bitcoin untuk Pemula 

Seperti yang dituliskan sebelumnya, menebak-nebak bukanlah cara yang baik untuk mendapatkan keuntungan dari bitcoin. Mempelajari cara untuk menganalisa bitcoin juga bukan hal yang mudah dan bisa langsung dipahami. 

Karena itu, berikut ini ada beberapa cara analisa bitcoin yang bisa dipelajari oleh para pemula. Cara-cara di bawah ini memang merupakan hal yang paling mendasar dalam analisa bitcoin. Namun, untuk para pemula. Pengetahuan dan informasi ini sangatlah penting. 

  1. Analisis Bitcoin Secara Fundamental 

Analisis bitcoin dengan teknik fundamental artinya Anda akan menilik pergerakan bitcoin berdasarkan fenomena dan peristiwa yang ada di masyarakat Anda. Peristiwa atau fenomena ini sekiranya dapat mempengaruhi harga dari bitcoin. 

Karena dipengaruhi oleh peristiwa pada masyarakat tertentu. Terdapat beberapa faktor eksternal yang bisa mempengaruhi naik turun harga bitcoin ini. Berikut ini ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. 

  • Faktor Kebijakan Pemerintah: Jika pemerintah mengeluarkan kebijakan yang berkaitan dengan bitcoin atau transaksi online lainnya. Tentu saja, hal tersebut secara otomatis akan mempengaruhi harga bitcoin. 

  • Faktor Kondisi Ekonomi Negara: Jika sebuah negara mengalami krisis pada bidang ekonomi, tentu saja hal ini akan mempengaruhi harga dari bitcoin. Investasi bitcoin menjadi investasi yang paling ideal pada masa krisis. Karena, bitcoin termasuk safe haven asset yang sifatnya sangat aman. 

  • Faktor Aktivitas Ekonomi: Stabil dan tidak stabilnya aktivita ekonomi pada suatu negara bisa mempengaruhi harga bitcoin pada negara tersebut. Karena bagaimanapun sekarang bitcoin sudah termasuk sebagai salah satu aspek finansial dan ekonomi. 

  • Faktor Sosial dan Budaya Masyarakat: Tidak hanya isu yang berkaitan dengan ekonomi. Isu yang berkaitan sosial dan budaya juga bisa mempengaruhi harga bitcoin pada satu waktu. Misalnya pada hari-hari besar, ada kecenderungan harga bitcoin untuk naik maupun turun. 

  1. Analisis Bitcoin Secara Teknikal 

Cara analisa bitcoin yang selanjutnya adalah secara teknikal. Berbeda dari analisis bitcoin fundamental, pada analisis secara teknikal. Anda lebih melibatkan faktor-faktor internal bitcoin daripada faktor eksternal yang terjadi pada masyarakat. 

Tidak heran, jika analisis ini sangat menitik beratkan pada cara pembacaan grafik. Grafik analisa bitcoin sendiri ada berbagai macam jenisnya. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

  • Grafik Bentuk Candlestick 

Bentuk grafik candlestick adalah yang paling umum ditemukan pada analisis teknikal. Melalui analisis grafik ini, Anda dapat membuat perkiraan apakah harga di tren selanjutnya akan naik atau turun. 

  • Membaca Bollinger Bands

Bollinger Bands adalah indikator dalam pembacaan pergerakan harga pasar. Utamanya untuk mengukur votalitas suatu pasar yang diukur. Indikator ini dapat memberitahukan, apakah pasar dalam keadaan ramai, tenang atau sepi. 

  • Indikator Simple Moving Average 

Indikator satu ini akan membantu Anda untuk memperkirakan tren pergerakan harga selanjutnya. Biasanya, indikator simple moving average akan memperhalus pergerakan harga. Namun, ini hanya berlaku pada rentang tertentu saja. 

Pembahasan-pembahasan di atas memang merupakan dasar cara analisa bitcoin. Namun, sangat penting bagi pemula untuk memahaminya. Melalui informasi di atas, Anda bisa mengembangkan pengalaman dan pengetahuan Anda sendiri. 



Posting Komentar untuk "Cara Analisa Bitcoin yang Bisa Dilakukan oleh Para Pemula"