close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mempersiapkan Vaksin Covid untuk Anak

  


Tips Mempersiapkan Vaksin Covid untuk Anak

Di Indonesia, vaksin covid untuk anak sudah mulai pemerintah gencarkan untuk anak-anak mulai dari usia 6 sampai 11 tahun. Hal ini merujuk wabah covid yang masih meresahkan dan menghantui masyarakat dunia termasuk Indonesia.

Program vaksinasi Covid-19 untuk anak mulai dari usia 6 hingga 11 tahun sudah terselenggara sejak pertengahan bulan Desember lalu. Sama seperti vaksin untuk orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan persiapan sebelum mendapat vaksin untuk Covid-19.

Persiapan Sebelum Mendapat Vaksin Covid untuk Anak

Jika anak Anda akan mendapatkan suntik vaksin Covid-19, sebenarnya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hal ini penting agar tidak ada efek negatif yang terjadi pada anak tersebut. Berikut ini ada tips untuk mempersiapkan vaksin Covid bagi anak.

  1. Konsultasi Dengan Dokter

Sebelum mendapatkan vaksin covid-19 untuk anak-anak penting untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu.

Sebab, beberapa anak mungkin saja mempunyai alergi terhadap beberapa obat. Bahkan ada juga yang mempunyai penyakit parah sehingga anak tersebut tak bisa menerima suntikan tertentu.

Karena itulah penting untuk konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memvaksinasi buah hati. Ada baiknya orang tua konsultasi dengan dokter anak yang biasa menangani buah hati Anda ketika mengalami masalah kesehatan.

  1. Pemberian Obat-obatan Tertentu

Sebaiknya sebelum vaksinasi orang tua memberikan obat anti inflamasi non steroid atau NSAID untuk anak. Adapun obat tersebut berguna untuk meredakan nyeri, menurunkan suhu tinggi serta mengurangi peradangan.

Namun, jangan sembarangan memberikan obat untuk anak sebelum vaksin. Pasalnya orang tua tidak tahu apa efek yang timbul dari pemberian obat tersebut. Pemberian obat sebelum program vaksinasi covid-19 anak sebaiknya juga harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Tidur, Berolahraga dan Makan Sehat

Sebelum melakukan suntik vaksin, pastikan anak Anda tidur dengan nyenyak, mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga yang cukup. Memang terdengar sepele, namun beberapa hal tersebut penting bagi anak-anak.

Sebab dengan melakukan hal di atas, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap anak itu sendiri.

Sesudah Mendapatkan Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak

Tak hanya sebelum mendapat vaksinasi, ada beberapa hal yang harus orangtua ketahui setelah anak menerima suntikan vaksin covid. Sederet hal tersebut bisa Anda simak di bawah ini:

  1. Efek Samping yang Kerap Terjadi

Jika setelah mendapat vaksin virus corona untuk anak buah hati Anda mengalami beberapa gejala maka jangan terlalu panik.

Memang sesudah vaksinasi, anak akan mengalami sejumlah efek seperti pembengkakan lengan, demam dan nyeri otot. Anda tak perlu khawatir sebab kondisi tersebut sering terjadi lantaran vaksinasi tengah bekerja.

  1. Kasus Darurat

Meskipun memang ada efek umum yang terjadi, kemungkinan ada anak-anak yang mengalami alergi parah selain pembengkakan, demam, atau nyeri di otot. Apabila alergi tersebut tak hilang sesudah 2 sampai 3 hari, maka bisa hubungi dokter untuk memeriksakan kondisi anak.

Sebab ada beberapa kasus darurat yang membuat anak-anak tidak kunjung sembuh dari efek vaksinasi tersebut.

  1. Obat untuk Meredakan Efek Vaksin

Penting untuk Anda ketahui jangan sampai memberikan obat pereda nyeri tanpa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Apabila vaksinasi covid untuk anak menimbulkan efek samping berupa nyeri, maka ada cara tersendiri untuk meredakannya.

Adapun cara untuk meredakan efek nyeri setelah vaksin bisa meminta anak untuk meminum banyak air. Selain itu Anda juga dapat memberikan kompres dingin di tempat bekas suntikan.

Itulah informasi tentang pemberian vaksin covid untuk anak yang penting untuk orang tua ketahui agar tidak menimbulkan efek bahaya untuk buah hati.


Posting Komentar untuk "Tips Mempersiapkan Vaksin Covid untuk Anak"