close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alur Pendaftaran SNMPTN 2023

 


Alur Pendaftaran SNMPTN 2023/2024 yang Wajib Anda Ketahui

Apakah Anda termasuk pelajar yang akan lanjut ke pendidikan perguruan tinggi? Jika demikian, Anda tentu sudah tidak asing dengan pendaftaran SNMPTN 2023/2024 dan juga SBMPTN. Dua jalur pendaftaran menuju pendidikan perguruan tinggi ini adalah yang paling banyak pendaftarnya.

Pada tahun sebelumnya yakni SNMPTN 2022, LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mencatat jumlah peserta pendaftar SNMPTN lebih dari 612 ribu peserta. Dengan arti bahwa jumlah tersebut mengalami kenaikan 3,09 persen dari tahun 2021 atau sekitar 593 ribu peserta SNMPTN.

Pengertian SNMPTN

SNMPTN adalah kependekan dari kata Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Pendaftar SNMPTN berarti menggunakan nilai rapor dan juga prestasi akademik yang dimiliki saat di bangku sekolah. Jalur ini menjadi jalur yang paling banyak pendaftarnya dari seluruh daerah di Indonesia.

Anda wajib mendaftar SNMPTN karena jalur ini akan memberikan Anda kemudahan dengan tidak ada lagi tes. Berbeda dengan jalur lainnya sebagaimana SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang membutuhkan tes untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2023/2024

Sayangnya, tidak semua pelajar bisa mendaftar dengan jalur SNMPTN. Jika Anda memenuhi beberapa syarat berikut, maka Anda termasuk ke dalam salah satu yang bisa mendaftar SNMPTN:

  1. Peserta Lulusan Tahun Ini

Jika Anda mendaftar SNMPTN tahun 2023/2024, maka Anda harus seorang lulusan SMA/MA tahun 2023/2024. Pendaftar di tahun berbeda tidak berlaku untuk jalur SNMPTN yang artinya harus mengikuti jalur lain.

  1. Rapor dengan Nilai Lengkap

Nilai rapor yang diajukan untuk pendaftaran SNMPTN harus lengkap dari kelas 1 SMA/MA semester 1 sampai dengan kelas 3 SMA/MA semester 2.

  1. Sudah Login dan Daftar di Situs

Bagi Anda yang ingin mengikuti SNMPTN 2023/2024, pastikan Anda telah login dan memiliki akun di situs resmi SNMPTN.ac.id. Pastikan pula data yang tertampil sudah benar sebagaimana harusnya, Jika Anda menemukan masalah, maka hubungi pihak sekolah segera.

Setelah dilakukan pendaftaran pada akun SNMPTN, maka akan dilakukan proses pemeringkatan atau penyeleksian mana nilai yang lolos mana tidak. Untuk memeriksa apakah Anda lolos atau tidak sebagai peserta, Anda bisa mencoba login kembali dan jika gagal maka artinya Anda tidak lolos.

Hal yang Harus Diketahui saat Pengisian

Anda akan melakukan pengisian pada beberapa form yang telah ada di situs resmi SNMPTN. Hal-hal berikut ini harus Anda perhatikan agar pengisian tidak salah tempat.

  1. Data Diri

Di sini Anda akan mengisi data diri Anda berikut dilanjutkan dengan biaya pendidikan selama sekolah. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengisi data orang tua berikut penghasilannya. Pastikan data benar dan lengkap.

  1. Pilih PTN

Setelah mengisi data terkait diri Anda, selanjutnya akan disediakan form untuk pemilihan perguruan tinggi yang menerima pendaftaran SNMPTN tahun 2023/2024. Pilihlah perguruan tinggi dan jurusan yang sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Prestasi

Jika Anda memiliki prestasi saat di bangku sekolah, maka form ini wajib Anda isi sebagai nilai tambah untuk penilaian Anda. Jangan lupa untuk mengunggah juga bukti prestasi melalui sertifikat atau semacamnya.

  1. Isi Portofolio

Form ini khusus bagi Anda yang mengambil program studi cabang olahraga.

  1. Finalisasi

Pendaftaran telah selesai dan Anda bisa mencetak kartu Anda.

Selain itu, Anda juga tentu saja harus belajar tentang kiat sukses SNMPTN agar Anda dapat memperoleh skor atau nilai yang tinggi. Dengan demikian, Anda telah siap mengikuti pendaftaran SNMPTN 2023/2024.



Posting Komentar untuk "Alur Pendaftaran SNMPTN 2023"