close
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Masuk PTN 2023

 


Jalur Masuk PTN 2023: Perbedaannya dengan Tahun 2022

Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim telah mengumumkan mengenai jalur masuk PTN 2023. Prosesnya berubah untuk mencapai tujuan transformasi pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Perubahannya sendiri ada pada masing-masing seleksi.

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa proses seleksi untuk masuk perguruan tinggi ada tiga alternatif. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, serta jalur mandiri. Nah, perubahannya terletak pada masing-masing jalur tersebut.

Bagaimana Perubahan Jalur Masuk PTN 2023?

Perubahan seleksi untuk masuk perguruan tinggi ini tak lepas dari keinginan transformasi pendidikan dengan menyeluruh. Untuk menjembatani transformasi pendidikan yang optimal, maka dibutuhkan seleksi masuk PTN sebagaimana peraturan baru ini.

Ada tiga jalur pendaftaran untuk masuk PTN, yaitu:

  • SNMPTN berupa dengan nilai rapor serta prestasi akademik siswa dari kelas 10 hingga kelas 12 pada semester satu.

  • SBMPTN berupa ujian tulis yang pelaksanaannya secara nasional.

  • Jalur mandiri yang cara dan kebijakannya berbeda, sesuai dengan masing-masing PTN.

Perbedaan Seleksi Masuk PTN Tahun 2022 Dengan 2023

Lalu, bagaimana perbedaan ketiganya? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Jalur SNMPTN

Pada tahun 2022, siswa bisa memilih juruan masuk PTN sesuai jurusannya ketika SMA. Anak IPA disarankan untuk memilih jurusan IPA, sedangkan anak IPS juga disarankan untuk memilih jurusan yang linier.

Mengenai penghitungan peringkat hanya menggunakan nilai pada mata pelajaran jurusan saja. Anak IPA mencakup nilai mata pelajaran IPA saja yaitu biologi, fisika, kimia, matematika. Begitu pula dengan anak IPA, bahasa, maupun agama.

Sedangkan peraturannya yang baru seperti ini:

  • Siswa boleh memilih jurusan yang tidak linier dengan jurusannya saat SMA. Anak IPA boleh lintas jurusan, begitu pula anak IPS.

  • Penghitungan nilainya tidak hanya dari mata pelajaran khusus saja, melainkan dari semua mata pelajaran. Penghitungannya minimal 50% rata-rata dari nilai rapor semua mata pelajaran serta 50% penggali minat dan bakat. Minat dan bakat ini bisa dari portofolio siswa dalam lomba atau mata pelajaran pendukung.

  1. Jalur SBMPTN

Pada tahun 2022 peserta SBMPTN mengikuti dua jenis tes yaitu TPA dan TPS sesuai jurusan pilihan, yaitu Saintek atau Soshum. Pada seleksi masuk PTN 2023, hanya ada Tes Skolastik meliputi:

  • Penalaran Matematika

  • Potensi Kognitif

  • Literasi Bahasa Indonesia

  • Literasi Bahasa Inggris

Dalam tes skolastik ini yang diperhatikan adalah kemampuan dalam menyelesaikan masalah, bernalar, analisa argumen, serta memahami logika yang berdasar pada teks secara mendalam.

  1. Jalur Mandiri

Pada tahun-tahun lalu termasuk tahun 2022, ujian mandiri sepenuhnya adalah kewenangan dari setiap PTN. Masing-masing PTN memiliki cara penilaian yang berbeda.

Sedangkan aturan barunya tahun 2023 nanti, pelaksanaannya lebih transparan. Setiap PTN wajib mengumumkan beberapa hal ini:

  • Metode penilaian untuk calon mahasiswa.

  • Jumlah dari calon mahasiswa yang akan diterima.

  • Metode penentuan besaran dari biaya yang nantinya akan dibebankan bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi.

  • Calon mahasiswa bisa melaporkan jika ditemukan bukti pelanggaran saat seleksi.

Bahkan setelah seleksi, PTN juga harus melaporkan jumlah peserta yang lolos seleksi, sisa kuota yang belum terpenuhi, masa sanggah dalam lima hari kerja setelah pengumuman dari hasil seleksi, serta tata cara penyanggahan dari hasil seleksi.

Anda bisa menyiapkannya dari sekarang, yaitu dengan menentukan jalur mana yang paling sesuai serta jurusan apa yang Anda inginkan. Setiap jalur tentunya memiliki tantangannya masing-masing, jadi pastikan untuk melakukan perencanaan yang semakin matang.

Jalur masuk PTN 2023 menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin kuliah tanpa memusingkan jurusan yang tidak linier. Intinya, tetap semangat dan persiapkan semuanya dari sekarang.


Posting Komentar untuk "Jalur Masuk PTN 2023"